021.70766442, 0812.8098908 0812.8098908

Home
Warna & Harga
Pemesanan
Pakan
Kandang
Cara Pemeliharaan
Online Training
Liputan TV
Wisata Edukasi
Photo Peserta
Ir. Cuncun S.

 

 

 

 

BFC Group

 

Lobster Air Tawar

 

 

Kelinci Mini

 

 
Laptop si Unyil Trans7
Trans7 Tgl 12 Januari 2009

TPI, Minggu 8 Februari 2009, Jam 06.00


"News" Spacetoon

Sabtu, 14 maret 2009, Jam 12:00 WIB


Tabloid KONTAN minggu I, April 2009


GLOBAL TV, Sabtu 18 April 2009


Wara-Wiri, Trans7, Jumat, 22 Mei 2009, 18:00 WIB


Warna-warni (CEPOT), Trans7, Minggu, 24 Mei 2009, 11:00 WIB


Metro TV

 

Saksikan video Liputannya klik disini


DAAI TV, Kamis 15:30 WIB


TransTV "Jelang Siang"


 

 

TransTV


Trans7


TransTv


MNC / RCTI


Metro TV


TransTV


TransTV (JP Millenix)


 

 

Siaran Langsung RCTI di BFC Farm


Majalah Pengusaha, Edisi 95, 1 Juni 2009

Versi online di http://www.majalahpengusaha.com/content/view/1046/38/


Landak Mini Mulai Digemari Masyarakat

Metro TV News/ Megapolitan / Umum / Senin, 2 November 2009 11:56 WIB

 

Metrotvnews.com, Jakarta: Landak mini atau Hedgehog Kini semakin digemari masyarakat. Beberapa keunikan dimiliki hewan mini ini. Selain bentuknya yang seukuran telapak tangan, warna dan jenisnnya pun beragam. Keunikan tersebut menarik minat Cucun untuk menjadi peternak landak mini. Menurutnya, hewan ini memiliki sifat yang pasif. Ia akan menggulung diri membentuk sebuah bola jika ada ancaman di dekatnya. Binatang ini beradaptasi di lingkungan baru dengan menjilati tubuhnya. Bau tubuhnya jadi sama dengan lingkungan.

Menurut Cuncun, pemeliharaan hewan jenis ini tidaklah serumit memelihara hamster. Binatang ini dapat disimpan di sebuah kandang tanpa desain khusus. Tempat makan dan minumnya pun hanya dari serpihan kayu. Cara membersihkan landak mini ini hanya dengan shampo bayi dan sikat. Meski berduri, binatang ini tak berbahaya. Duri yang panjangnya hanya satu centimeter itu ternyata lebih lunak. Orang yang memegangnya tak perlu takut akan dilukai. Selain di Indonesia, landak mini bisa ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, dan Selandia Baru. Harga seekor anak landak mini usia dua bulan, cukup mahal. Yakni, Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu.(***)

Saksikan tayangan beritanya

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2009/11/02/93326/Landak-Mini-Mulai-Digemari-Masyarakat

 
Ragam
14 Agustus 2009
Hedgehog, Landak Mini yang Lucu
Era hamster nampaknya mulai berlalu, digantikan oleh hedgehog (landak mini) yang berpenampilan sangat lucu. Ya, siapapun yang melihatnya pasti terhibur.

Saat ini, perdagangan landak mini di sejumlah kota besar makin marak. Bahkan beberapa situs di internet berlomba-lomba menawarkan dagangannya.

Kekhawatiran sebagian penggemar binatang, khususnya terhadap kelompok unggas, akibat maraknya virus flu burung (avian influenza) memang belum berakhir. Hal ini dapat dibuktikan dari menyusutnya transaksi perdagangan burung berkicau, perkutut, derkuku, dan ayam hias.

Sebaliknya, kondisi tersebut menjadi blessing in disguise bagi para penangkar hewan-hewan unik. Terbukti pamor hamster dan iguana sempat melejit, tatkala media massa ramai memberitakan banyaknya korban flu burung.

Bahkan, belakangan ini, muncul tren baru dalam dunia binatang peliharaan, yaitu landak mini (hedgehog).

Sebenarnya hewan yang berasal dari Afrika ini sudah masuk ke Indonesia pada dekade 1990-an. Hanya saja, saat itu pamornya belum mampu menandingi burung ocehan, perkutut, merpati balap, dan aneka ikan hias air laut maupun air tawar.

Kini, landak mini makin diminati masyarakat. Anda bisa membuktikannya dengan melakukan searching (pencarian) di internet, menggunakan kata kunci (keyword) ’’landak mini’’. Pasti akan bermunculan puluhan informasi mengenai landak mini.
Informasi tersebut bisa berupa diskusi mengenai seluk-beluk landak mini.

Bahkan sudah ada beberapa situs yang khusus membahas (dan menjual) landak mini, seperti www.landakmini.com. Di mancanegara, situs terlengkap mengenai ini bisa dibaca pada www.hedgegogcentral.com.
Menggemaskan Karena berasal dari Afrika, landak mini dalam perdagangan internasional dikenal dengan nama african pygmy hedgehog. Di alam bebas, binatang mungil ini tidak berumur panjang alias gampang mati. Penyebab utamanya adalah sering diserang oleh hewan-hewan pemangsa (predator).

Jika dipelihara dengan baik, landak mini bisa mencapai umur 4-7 tahun. Penampilannya sangat eksotis, menggemaskan, imut-imut, dan lucu. Sesuai dengan namanya, landak mini merupakan jenis landak yang secara alami memang bertubuh mungil. Artinya, tak ada unsur rekayasa genetika untuk membuatnya kerdil.

Seekor landak mini dewasa rata-rata hanya berbobot 300-500 gram. Jika Anda memberi pakan berlebihan, yang membuat hewan ini kegemukan, bobotnya paling banter hanya 700 gram. Saat dipegang, tubuhnya hanya seukuran telapak tangan perempuan dewasa.

Landak mini berbeda dari landak hutan (porcupine) yang selama ini menjadi pengertian sehari-hari masyarakat tentang landak. Kalau porcupine memiliki duri sepanjang 20 cm dan sangat runcing, maka duri landak mini terasa lembut seperti sikat pencuci pakaian. Selain itu, landak mini termasuk binatang jinak.

Apa sih makanan landak mini? Berbeda dari porcupine yang pemakan tumbuhan (herbivora), landak mini di alam bebas merupakan pemakan serangga (insektivora). Namun dalam pemeliharaan, ia bisa mengkonsumsi daging, buah, dan sayuran.

Meskipun berasal dari keluarga landak, hedgehog tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan landak hutan. Keduanya berasal dari genus (tingkatan di atas spesies) yang berbeda.

Saat ini terdapat sekitar 90-an jenis landak mini. Tetapi, sebenarnya mereka berasal dari satu jenis yang disebut salt and pepper. Jenis-jenis baru itu muncul setelah keturunan mereka disilangkan berulang kali. Hasilnya, muncullah hedgehog berwarna putih seluruhnya yang disebut albino. (Amanah-32)
© 2008 suaramerdeka.com. All rights reserved

  • Peternakan & Wisata Landak Mini

  • Kp.Tegal Rotan Rt.01/07 No.49
    Desa Sawah Baru, Ciputat
    Tangerang
    (Belakang Bintaro Trade Center Sektor VII)
    Bintaro Jakarta Selatan

     

  •  

    Peta menuju BFC Farm

    Perbesar peta

  • Home Warna & Harga Pemesanan Pakan Kandang Cara Pemeliharaan Online Training Liputan TV Wisata Edukasi Photo Peserta Ir. Cuncun S.

    021.70766442, 0812.8098908 758FEA0A  0812.8098908

    Copyright © 2008 BFC Group
    Last modified: 05/01/14