021.70766442, 0812.8098908 0812.8098908

Home
Wisata Edukasi
Warna & Harga
Pemesanan
Pakan
Kandang
Cara Pemeliharaan
Online Training
Liputan TV
Photo Peserta
Ir. Cuncun S.

 

 

 

 

BFC Group

 

Lobster Air Tawar

 

 

Kelinci Mini

 

 

Wisata Edukasi

 

Masker Anti Polusi

 

Landak Mini

Landak Mini adalah mamalia dari keluarga Erinaceinae. Ada 16 spesies Landak Mini dalam 5 genus, dan ditemukan di eropa, asia, africa dan new zealand.
Keluarga Erinaceinae (Landak Mini)
 

Genus Atelerix
Genus Erinaceus
 
 
 
  • namun yang akan kita bahas lebih lanjut adalah Atelerix atau dikenal juga sebagai African Pygmy Hedgehog yang berasal dari Afrika Tengah. Adapun yang ada sekarang merupakan perpaduan/ persilangan antara "White-Bellied" (Atelerix albiventris) dan "Algerian". (Atelerix algirus)
     

  • Gambaran Fisik
    Landak Mini dapat dengan mudah dikenali dari duri dibadannya, dimana itu merupakan rambut berongga yang keras. Duri-duri mereka tidak beracun atau berkait, dan tidak seperti bulu dari porcupine, duri Landak Mini tidak mudah lepas dari tubuhnya. Pertahanan yang dimiliki dari semua spesies Landak Mini adalah kemampuan untuk menggulung jadi bola duri, sehingga semua duri menghadap keluar semua dan lawannya tidak dapat menyerang. Bila kita sudah terbiasa memegangnya, maka duri-durinya tidak terasa sakit, seperti memegang sikat rambut.
      
  • Landak Mini memiliki bentuk badan oval dengan panjang badan antara 15cm - 20cm, dan berat antara 200 gram - 600 gram, kira-kira sebesar marmut, biasanya betina memiliki ukuran badan lebih besar dari pada jantan. Namun ada juga yang bisa tumbuh besar sampai 700 - 900 gram.

    Sifat
    Landak Mini memiliki sifat "nocturnal" atau aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari mereka cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Karena sifatnya yang suka sembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa menggunakan Pipa Paralon ukuran 4inci atau talang air yang dipotong sepanjang 20cm, kotak sepatu atau strofoam sebagai tempat untuk landak bersembunyi
    Landak Mini adakalanya melakukan ritual menjilat, ketika landak mini ada di tempat yang baru dengan bau lingkungan yang kuat, dia akan mengigiti media disekitarnya dan membentuk buih dari mulutnya dan merekatkan pada duri-durinya dengan menggunakan lidahnya. Tidak diketahui tujuan dari ritual ini, tetapi beberapa pakar percaya ritual ini digunakan untuk mengkamuflase dirinya dengan area yang baru tersebut.
    Apabila Landak Mini digabung dengan binatang peliharaan yang lain, termasuk kucing dan anjing. Ada kemungkinan mereka terancam oleh bintang-binatang ini, namun Landak Mini dapat menggulung diri menjadi bola duri sampai ancaman tersebut hilang. dan Landak Mini cukup bisa membela diri terhadap tikus yang mencoba memakannya, kecuali apabila Landak Mini masih kecil/ bayi.
    Landak mini sebaiknya dipelihara disuhu 21 - 27'C, apabila terlalu dingin maka landak mini ini akan masuk dalam proses hibernasi.

    Makanan
    Meskipun diklasifikasikan sebagai insectivora (pemakan serangga), namun Landak Mini dapat pula diberikan pakan buatan seperti pakan kering anjing dan kucing, namun sebaiknya ditambahkan pula variasi lain seperti ulat hongkong, ulat jerman, jangkrik dan serangga lainnya. Sebaiknya tidak memberikan susu kepada Landak Mini karena usus mereka sensitif terhadap susu dalam jumlah yang banyak.
     

  • Pemberian pakan sebaiknya menggunakan mangkuk yang digunakan untuk pakan anjing/kucing, atau bisa juga menggunakan asbak rokok. sehingga tidak mudah terbalik ketika mereka sedang makan, atau dapat pula dibuat sendiri menggunakan kaca yang dibentuk menjadi kotak dengan ketinggian 5cm.
    Selalu sediakan air minum dalam jumlah yang cukup. Landak mini dapat diajar untuk minum dari botol minum yang biasa digunakan utk hamster. Ini lebih baik dibandingkan pemberian minum dalam mangkuk terbuka, karena biasanya landak mini seringkali mengotori air minumnya tanpa mereka sadari.

    Reproduksi
    Sejak bayi, landak mini sudah dapat dibedakan jenis kelaminnya, dimana utk Jantan jarak antara kelamin & anusnya lebih jauh dibandingkan betina.
     
  • Jantan                                  
     

  •                                     Betina
     
     
    Ketika landak mini berusia 5 bulan maka mereka sudah dapat dikawinkan, gabungkan antara jantan dan betina dalam 1 tempat, maka si jantan kelenjar kelaminnya akan membengkak dan perutnya terlihat buncit dan mulai mengeluarkan pekikan-pekikan sambil mengelilingi si betina dan mencoba merayu si betina. Ini akan dilakukan terus menerus sampai si betina menyerah dan menurunkan durinya kemudian si jantan akan melakukan penetrasi dan memasukan spermanya.
     
  • Proses penggabungan diatas dilakukan selama 2 hari dan diulang setiap 10 hari sekali, hal ini dilakukan karena masa subur dari Landak Mini ini tidak teratur, sehingga dengan melakukan pengabungan secara teratur, diharapkan kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi lebih besar. Setelah digabungkan selama 2 - 3 kali, pisahkan betina sendiri di tempat pemeliharaannya.
    Cara lain untuk mengawinkan bisa dilakukan dengan menggabungkan jantan betina selama 2 minggu - 30 hari, kemudian dipisahkan sampai waktunya untuk si betina melahirkan.
    Setelah terjadi pembuahan, landak mini akan mengalami masa kehamilan selama 35 hari, ketika lahir si bayi landak mini dilapisi oleh membran tipis. Setelah keluar dari rahim ibunya maka si ibu landak mini ini akan mulai menjilati membran tipis tersebut dan dalam beberapa saat duri-duri yang awalnya lembut tersebut akan mulai mengeras.
     

  • Posisi Melahirkan. Anak yang baru lahir. Sedang memindahkan anak. Bayi umur 1 hari.
     
    Hal yang perlu diingat ialah pada waktu si betina melahirkan anaknya, tidak boleh ada jantan disitu, karena jantannya akan memakan anak yang baru lahir tersebut. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah, tutup sekeliling tempat yang digunakan oleh si betina untuk melahirkan, karena bila betina terganggu, ada kemungkinan betina akan mengalami stress dan memakan anaknya.
     
    Tempat Pemeliharaan
    Perlu diketahui landak mini ini suka menjelajah & jalan-jalan, sehingga apabila tempat pemeliharaannya terlalu pendek maka akan dengan mudah dipanjat keluar, setidaknya minimal 30 cm, Untuk tempat pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium, kontainer plastik, bak fiber atau kandang kawat tertutup.
      
  •  
  • Masa Hidup
    Landak Mini dapat hidup sampai usia 6 tahun, bahkan beberapa orang pernah memelihara sampai 10 tahun, tergantung kepada kesehatan dan cara kita merawatnya.

    Warna
    Di luar negeri, khususnya di amerika orang memeliharanya sebagai binatang peliharaan yang ekslusif dengan klub khusus, bahkan diselenggarakan kontes secara rutin.
    http://www.hedgehogclub.com/
    Kontes diadakan dengan membagi kepada kelas-kelas warna http://www.hedgehogclub.com/colorguide.html

    Mandi

  • Siapkan peralatan untuk memandikan landak mini : sikat gigi, shampoo bayi & Handuk kering.
     

  • Letakan landak mini secara perlahan di baskom dengan ketinggian air kira-kira setinggi badannya, tidak perlu kuatir landaknya akan tenggelam, landak mini bisa berenang dengan baik di air yg dalam sekalipun. Setelah seluruh bagian durinya basah, letakan shampo bayi di sikat gigi kemudian mulai gosok secara perlahan bagian duri, perut si landak dan bagian-bagian lainnya yg kotor.
     
    Setelah dirasa cukup, bilas shampo yang menempel diduri landak dan seluruh badannya dengan air bersih.

    Lap dengan handuk kering seluruh bagian tubuhnya agar landak mini tidak kedinginan. Kemudian letakan kembali landaknya kekandangnya semula.

    Home Wisata Edukasi Warna & Harga Pemesanan Pakan Kandang Cara Pemeliharaan Online Training Liputan TV Photo Peserta Ir. Cuncun S.

    021.70766442, 0812.8098908 758FEA0A  0812.8098908


    Peternakan & Wisata Landak Mini

    (Terbuka untuk Umum setiap hari termasuk sabtu, minggu, hari raya & hari libur

    jam 08:00 - 17:00 WIB)

     

    BFC mini Farm
    Jl. Mesjid Baitis Salmah
    Kp.Tegal Rotan Rt.04/07 No.123
    Desa Sawah Baru, Ciputat
    Tangerang
    (Seberang Mall Bintaro XChange, dekat Pintu Tol Bintaro Pondok Aren)
    di Google Map ketik "BFC mini Farm"

     

     

    Peta menuju BFC Farm

    Perbesar peta

    Video Petunjuk Jalan ke BFC Farm

    Copyright 2008 BFC Group
    Last modified: 08/17/14